Pondok pesantren Almuttaqien Pancasila Sakti (Alpansa) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab. Klaten melakukan Penyuluhan kesehata dan screaning Tuberkulosis. Acara ini diselenggarakan pada hari Senin, 18 maret 2019 di Auladah Alpansa. Acara ini menjadi semakin menarik karena dipandu oleh MC yang merupakan santri-santri Madrasah Aliyah Alpansa dengan menggunakan Bahasa Arab, Inggris, Indonesia dan bahasa Jawa.

Acara ini diawali dengan pembukaan, wasilah kepada para leluhur dan sesepuh Ponpes Alpansa dengan membaca surat al-Fatihah dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemdian pembacaan teks Pancasila dan mars KKBI (Kampus Kader Bangsa Indonesia). Agenda acara semacam ini  adalah ciri khas yang biasa dilakukan di Ponpes Alpansa yang diajarkan oleh sesepuh al-Maghfurlah KH.Moeslim Rifai Imampuro (Mbah Lim). Hingga saat ini kebiasaan  tesebut dilestarikan dan bahkan dibudayakan di manapun berada oleh para santri alumni Alpansa.

Gus Zuhri selaku ketua Yayasan Alpansa menyampaikan ucapan selamat datang dan keynote speech sebagai pembuka kegiatan penyuluhan kesehatan ini. Penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh dr. Anggit Budiarto, MMR dari bidang P2P Dinas kesehatan Kab. Klaten merupakan kegiatan penyuluhan tentang Tuberkulosis dalam rangka memperingati hari TBC.

Kegiatan ini diharapkan mampu melakukan pendidikan secara dini kepada santri tentang gejala, pencegahan dan penyembuhan TBC, sehingga mampu meminimalisir mewabahnya penyakit tersebut. Selain penyuluhan juga dilakukan screaning bagi santri dan masyarakat sekitar yang mengikuti kegiatan tersebut. Semoga kegiatan ini menunjukkan terjalinnya kerjasama yang saling bermanfaat antara masyarakat, Ponpes, Dinas Kesehatan Klaten sehingga semua pihak bahu membahu mewujudkan terciptanya masyarakat yang sehat.

Acara ini ditutup dengan pembacaan doa agar senantiasa mengharap keberkahan, ridho dan ma’unah Allah SWT, agar semua dimudahkan urusan dan dikabulkan segala harapan. Tak lupa seluruh yang hadir diajak untuk senantiasa mendoakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Aman, Makmur Damai, Sepanjang Masa yang menjadi ciri khas ponpes Alpansa. (Admin)

629 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini