Kebersihan adalah sebagian dari iman, hal tersebutlah yang sering digaungkan oleh umat muslim. Sudah sewajarnya kita sebagai umat muslim ikut serta dalam melaksanakan kebersihan di lingkungan kita. Seperti kerja bakti membersihkan selokan, jalan, masjid, dan sarana umum lainnya. Dengan semangat itulah, mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah Kelas 2 A dan 2 B Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Surakarta mengadakan aksi bersih-bersih Masjid dan Musholla di sekitar kampus IAIN Surakarta.

Kegiatan ini dilakukan pada medio Maret 2019 di beberapa masjid dan musholla sekitar IAIN Surakarta seperti Mushola Al Iman Gerjen Pucangan, Masjid Darussalam Gerjen, Masjid Takwa Sanggrahan, Masjid Al Falah depan Kopassus dan beberapa tempat yang lain.

Aksi bersih-bersih ini dimulai dari menyapu halaman masjid, latar masjid, dalam masjid, dan kamar mandi masjid. Selanjutnya kami mengepel lantai, membersihkan kaca, dan memasang pengharum. Sebelum melakukan kegiatan ini, para mahasiswa telah lebih dahulu meminta ijin kepada takmir masjid atau musholla sehingga kegiatan ini secara resmi diijinkan dan diperbolehkan oleh pengurus masjid maupun musholla.“Kegiatan ini sangat positif untuk dilakukan, karena sangat bermanfaat untuk kenyamanan kegiatan ibadah masyarakat perumahan ini. Kalau bisa ya seminggu sekali kegiatan ini dilakukan, jika keberatan dua minggu sekali juga tidak apa hehe,” ucap ta’mir Masjid Ash-Shiddiq.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian mata kuliah Fikih Ibadah yang diampu oleh M. Zainal Anwar, dosen FEBI IAIN Surakarta. Menurut Zainal, kegiatan ini tidak hanya menjadi ekspresi pentingnya belajar thoharah dalam Fikih Ibadah tetapi sekaligus memberi dimensi pengabdian mahasiswa ke lingkungan sekitar IAIN Surakarta. “Ini menunjukkan aksi nyata Islam yang santun sekaligus menjadi muslim yang santun yakni peduli pada lingkungan sekitar,” imbuh dosen yang juga Direktur Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta.

 1,266 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini