Surakarta- Dalam rangka mendukung lahirnya peneliti muda, Pusat Kajian  dan Pengembangan Pesantren Nusntara (PKPPN) IAIN Surakarta bekerjasama dengan UKM Lembaga Penelitian Mahasiswa Dinamika mengadakan pelatihan rutin Kelas Penelitian (21/3/2019). Acara ini bertempat di Kantor PKPPN IAIN Surakarta, Gedung Lab. Lt 1. Kelas Penelitian diadakan setiap hari Rabu yang diampu oleh Nur Kafid, Dosen Fakultas Ushuludin dan Dakwah, penggiat literasi Islam santun dan toleran, yang juga pengurus PKPPN Surakarta.

Kelas Penelitian ini mengambil tema besar “Moderasi Beragama”. Menurut Nur Kafid, moderasi beragama artinya agama yang mempunyai relasi yang bagus dengan lingkungan. Agama hadir dan diterima dengan realitas sehari-harinya.

“Setiap peneliti haruslah memahami alur penelitian, mulai dari penenentuan tema, judul, membandingkan yang ideal dan realitas, membuat gap research sampai menjadikan gap untuk salah satu bahan menulis latar belakang. Tugas pada pertemuan ke 4, setiap mahasiswa membuat latar beakang yang memuat enam poin yaitu menguraikan kondisi atau persoalan tersedia, tunjukkan data yang dibahas dan menarasikan tren kasus, harus diuraikan kemungkinan penyebab. Setelah itu boleh menyertakan asumsi, menggunakan pendekatan ilmu apa, serta menentukan batasan umum,” terang Nur Kafid.

Kelas Penelitian ini menjadi sebuah harapan baru, mewujudkan peneliti muda yang siap memberikan sumbangsih untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Harapannya, setelah Kelas Penelitian selesai pada bulan Juni dapat menghasilkan output yang konkret dan terukur (Ning Tiyas Utami, Sekretaris Umum UKM LPM Dinamika)

 

 699 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini