Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nustara (PKPPN) IAIN Surakarta menjadi salah satu peserta pelatihan medsos dan promosi perdamaian di Pancoran, Jakarta Selatan selama tiga hari dari tanggal 28-30 Juni 2019.

Acara ini dilaksanakan atas kerjasama Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI bersama Search for Common Ground, sebuah gerakan yang bergerak di bidang perdamaian dan toleransi. Ada sekitar 20 peserta perwakilan dari Gusdurian, Buka Suara, Demokrasi.id, Katalisator Muda, Yayasan Satu Keadilan, Center for Digital Society Fisipol UGM, Pirac, Young Interfaith Peacemaker Community dan pergerakan lainnya yang aktif menyuarakan inspirasi perdamaian dan resolusi konflik terutama di media sosial.

Selama tiga hari, peserta dilatih untuk memperkuat strategi promosi seperti mendefiniskan tujuan, jargon, audien yang akan dijadikan objek promosi. Selain itu, peserta juga diajari bagaimana mengukur keberhasilan promosi dengan menggunakan media analisis medsos untuk evaluasi dalam promosi berikutnya.

Zainal Anwar selaku Direktur PKPPN menyatakan bahwa kegiatan semacam ini akan memperkuat strategi promosi perdamaian yang selama ini menjadi fokus PKPPN serta membuat jejaring komunitas yang sama-sama memiliki visi misi untuk perdamaian dunia. Diharap dengan mengikuti pelatihan ini, PKPPN semakin gencar mempromosikan perdamaian dalam rangka ikut andil menciptakan perdamaian dunia. (AH)

 823 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini