Untuk menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia, Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta menandatangani kontrak kerjasama dengan Seach for Common Ground (SFCG), sebuah organisasi internasional non-pemerintahan yang bergerak di bidang perdamaian dunia, pada tanggal 17 Agustus 2019.

Tujuan kampanye ini adalah untuk mengkampanyekan nilai-nilai perdamaian, toleransi dan semangat bersatu bahu-membahu membangun NKRI. Kampanye ini dilakukan dengan media online dan offline.

Di antara program yang dijalankan adalah penulisan artikel-artikel yang bermuatan nilai-nilai keislaman yang rahmah dan menghargai perbedaan; pembuatan meme-meme islam santun yang disarikan dari buku 99 Mutiara Pesanren besutan tim PKPPN; pembuatan film narasi islam santun; talkshaw di Radio Gesma FM dan pemutaran film Wani Urip Wani Santun di sekolah-sekolah di wilayah Solo Raya selama dua bulan ke depan.

Kampanye perdamaian ini merupakan program rintisan yang didanai sebesar lima puluh juta oleh Search for Common Ground yang akan berlangsung selama dua bulan terhitung sejak bulan Agustus hingga November 2019 nanti.

M Zainal Anwar selaku Direktur PKPPN IAIN Surakarta menyatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud keseriusan PKPPN untuk ikut andil menciptakan perdamaian dunia dan mensyukuri nikmat kemerdekaan Indonesia yang diperoleh dengan perjuangan berdarah-darah oleh para founding fathers.

Nur Kafid, sebagai Wakil Direktur PKPPN dalam wawancara singkatnya menyatakan bahwa PKPPN akan terus melakukan inovasi-inovasi kreatif untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat luas dengan menggandeng organisasi-organisasi yang memiliki kesamaan visi misi dengan PKPPN, salah satunya adalah menciptakan masyarakat yang rukun dan harmonis.

Abd. Halim yang ditunjuk sebagai manajer program kegiatan ini menyatakan kesiapannya menjalankan program ini, “Kami sudah persiapkan rencana programnya sejak sebulan yang lalu. InsyaAllah kami siap menjalankan program ini.” ungkapnya.

 774 total views,  2 views today