Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta mengadakan Sarasehan Takmir Masjid Solo Raya. Acara tersebut mengangkat tema,  “Masjid Merdeka (Moderat dan Berwawasan Kebangsaan) 2020 (3/11).

Abd. Halim, M. Hum, selaku ketua panitia berharap dengan terselenggaranya acara sarasehan bersama takmir masjid Solo Raya, dapat meningkatkan tali silaturrahim, persaudaraan, serta mengukuhkan Islam yang ramah di Solo Raya. Kemudian, turut hadir Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. Mudhafir, M.Pd untuk membuka kegiatan tersebut.

Deklarasi Takmir Masjid Solo raya

“Dalam acaranya ini, kami minta dan harap agar peserta menyerap pemahaman mazhab-mazhab di luar kita sehingga tumbuh toleransi, inklusivitas, terbuka untuk menerima perbedaan, dan menghindarkan caci maki dan seterusnya”, tutur Rektor.

Menurutnya, dalam konteks hari ini dan seterusnya, penguatan moderasi sangat penting digencarkan. Di tengah tantangan menghadapi wabah Corona-19 dan pemaham ekstrem yang seringkali bersahutan dengan kehidupan masyarakat awam, termasuk masyarakat akademisnya, kita dituntut untuk meremoderasikan pemahaman Islam kembali berbasis kultural.

Rektor IAIN Surakarta melihat, tantangan-tantangan Muslim hari ini kian membuncak. Bukan saja terjadi pada ranah agama, tetapi dalam konteks ilmu pengetahuan, teknologi, politik dan budaya.

Daripada itu, di akhir sambutannya, rektor berharap acara sarasehan bersama takmir masjid Solo Raya ini dapat melihat tantangan dan peluang umat Muslim dewasa ini. Kiranya, kagiatan PKPPN ini dapat menyusun strategi untuk untuk menjawab dan memberikan kontribusi utuh dalam kebutuhan-kebutuhan umat manusia kini dan mendatang.

Acara sarasehan juga menghasilkan Deklarasi Takmir Masjid Solo Raya. Semua takmir masjid yang hadir setuju dengan menandatangani dan membacakan deklarasi tersebut. Deklarasi Dipimpin oleh Drs. K.H. Abdullah Faishol, selaku Ketua umum MUI Sukoharjo. Berikut isi deklarasinya:

Bismillahrrahmanirrahim

Asyhadu an laa ilaaha illallahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah

Deklarasi Takmir Masjid Solo Raya

Pada hari Selasa, tanggal 3 November 2020, kami Takmir Masjid Solo Raya berkomitmen untuk:

  1. selalu menebarkan Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin
  2. menolak tindakan kekerasan atas nama apapun
  3. selalu berkomitmen untuk berperan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, kemanusiaan, dan keislaman
  4. selalu berkomitmen untuk menjalin persaudaraan baik sesama Muslim maupun penganut agama lain sebagai sesama warga Negara Indonesia
  5. menolak segala bentuk upaya yang merusak cintra Islam

 

 

 130 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini