Islamsantun.org. Banyak orang bersekolah, tetapi sedikit sekali yang belajar. Gemar bersekolah memang tidak otomatis getol belajar. Belajar juga boleh di mana saja dan dengan cara bagaimana saja. Antara lain dengan bersekolah di sekolah, pesantren, universitas, dan semisalnya.

Bersekolah menghasilkan gelar pendidikan, sementara belajar menghasilkan ilmu dan hikmah. Yang diperintahkan Islam itu belajar, mencari ilmu, bukan sekadar mencari gelar pendidikan. Banyak orang bersekolah yang pulang hanya membawa gelar pendidikan.

Idealnya ialah bersekolah sekaligus belajar, biar lulus memperoleh gelar pendidikan sekalian ilmu dan hikmah. Tidak sedikit orang bergelar pendidikan yang mendalam ilmu dan hikmahnya. Orang tanpa gelar pendidikan juga banyak yang pandai, karena tekun belajar.

Fenomena sekarang adalah hasrat bersekolah meningkat, tetapi gairah belajar jalan di tempat. Terjadi persaingan untuk mendapatkan gelar pendidikan. Jalan instan dan menerabas kerap dilakukan. Sebab, gelar pendidikan digunakan sebagai sarana menduduki posisi atau jabatan.

Yang sedang bersekolah, sadarilah bahwa itu rezeki dari Tuhan. Harus disyukuri dengan serius belajar. Ketika bersekolah, gelar pendidikan pasti didapat. Yang belum tentu didapat itu ilmu, apalagi hikmah, jika tidak keras belajar. Bersekolah wajib disertai belajar.