” … Dan Dia bersamamu di mana pun kamu berada, dan Allah Maha Melihat apa pun yang kamu kerjakan.” ( Q.s. Al-Hadid : 4)

Usah resah dan gelisah ketika terus menerus dirundung masalah. Jangan sedih apalagi mengutuk diri ketika beragam ujian dan cobaan hidup datang silih berganti seolah tiada henti.

Apa yang kau alami adalah sangat manusiawi. Semua sudah ada dalam catatan Ilahi. Di luar sana, ada yang diuji lebih berat lagi. Yakinlah kau tak sendiri. Inilah cara Allah menguji kualitas diri. Sejauh mana kau tetap tegak berdiri penuh percaya diri, karena kau yakin Allah tak akan membebani hamba-Nya di luar batas kemampuan diri.

Apa yang kau alami dan rasakan akan membuatmu semakin kuat dan mampu bertahan, di tengah deraan ujian yang terus menerus datang menghadang. Yang demikian, jika kau mampu mengambil pelajaran, memetik hikmah, menyesap kearifan dari setiap pengalaman hidup yang dihadirkan Tuhan.

Sebalik keadaan, jika kau justru tenggelam dalam kesedihan, larut dalam kekecewaan, luruh dalam penderitaan, maka, alih-alih pelajaran didapat, hikmah diserap, justru keputusasaan yang ada, kehilangan harapan hidup yang terus-menerus mendera.

Yakinlah, kau tak sendiri. Ada orang lain yang senasib, bahkan lebih susah lagi. Yakinlah, kau tak sendiri. Ada Allah yang selalu menemani. Dialah tempat kau mengadu, menghaturkan segala keluh, menyampaikan segenap persoalan yang menderu, melayangkan beruntai doa, memohon sejuta harap.

Ya, kau memang tak sendiri. Ada Allah yang tak henti memberi limpahan kasih sayang, menghadirkan berlipat nikmat, mengucurkan berjuta rahmat. Kau tak akan pernah merasa kesepian, jika kau hadirkan Allah dalam dirimu. Kau tak akan pernah merasa sedih, jika kau hadapkan diri kepada Yang Maha Mengerti. Kau tak akan pernah resah, jika dirimu akrab dengan Yang Maha Kuasa.

Sekali lagi perlu ditandaskan, kau tak sendiri!

* Ruang Inspirasi, Sabtu, 12 Juni 2021.