Islamsantun.org. Seringkali kenyataan hidup ini, sangat bertolak belakang dengan harapan serta cita-cita yang diinginkan. Ada orang yang ingin segera mendapat pekerjaan, kenyataannya justru tak kunjung mendapat pekerjaan, meskipun sudah mengirimkan berpuluh-puluh surat lamaran pekerjaan. Ada yang ingin segera mendapat jodoh, tapi sampai detik ini jodoh yang diharapkan tak kunjung datang. Ada yang sudah bertahun-tahun berumah tangga tapi belum dikaruniai momongan. Ada yang sudah berobat ke sana ke mari, tapi sakit yang dideritanya, alih-alih sembuh, justru semakin parah. Dan masih banyak lagi kenyataan hidup yang terasa pahit dan begitu menyakitkan yang dialami oleh seseorang, di luar sana, atau mungkin dialami oleh kita sendiri.

Pertanyaannya kemudian, setelah semua usaha, ikhtiar dan segala cara telah kita tempuh tapi tak kunjung mendapat hasil sesuai yang kita harapkan, apa langkah selanjutnya yang harus kita lakukan?

Apakah kita akan mengutuk diri sendiri, menyesali telah dilahirkan ke muka bumi ini? Ataukah kita akan menggugat serta mempertanyakan keadilan Tuhan? Ataukah dengan serangkaian persoalan hidup yang kita alami, justru akan semakin menyadarkan kita bahwa kita adalah makhluk lemah yang tidak punya daya apa-apa tanpa kekuatan dari Allah Sang Maha Kuasa. Kemudian semakin membuat kita mendekat kepada-Nya, menyerahkan segala hasil usaha dan ikhtiar kita kepada Pemilik Keputusan dan Kebijakan Tertinggi, seraya berbaik sangka bahwa segala Ketetapan-Nya adalah yang terbaik buat hamba-hamba-Nya?

Sebagai seorang muslim, tentu kita akan memilih opsi terakhir. Menyerahkan segala keputusan kepada Allah, setelah sebelumnya segenap daya dan upaya kita kerahkan, dan senantiasa berbaik sangka kepada-Nya, merupakan pilihan tepat. Karena hanya dengan cara inilah, kita dapat legowo, menerima dengan penuh kesabaran dan keikhlasan ketetapan Allah. Hanya Dialah yang Maha Tahu apa yang terbaik buat kita, hamba-Nya.

Menjalani hidup dengan penuh optimisme, disertai kesabaran dan keikhlasan adalah kunci kesuksesan yang hakiki.

Hidup adalah sebuah proses perjalanan panjang yang butuh kekuatan lahir dan batin, jiwa dan raga, mental dan spiritual yang tangguh. Hanya orang-orang yang berjiwa besar, memandang hidup dengan penuh semangat, disertai kerja keras dan diiringi doa, yang akan menuai sukses sejati. Meski seringkali dihadapkan pada sebuah kenyataan yang tidak sesuai, bahkan bertolak belakang dengan harapan dan cita-citanya, tidak meruntuhkan tekadnya untuk tetap berusaha mencapai hasil terbaik dalam hidupnya. Mereka yakin sepenuh hati bahwa Allah pasti akan mengulurkan ‘tangan’-Nya, menolong siapa saja diantara hamba-Nya yang selalu berusaha dan tidak pernah putus asa. Dan janganlah berputus asa atas rahmat Allah, demikian bunyi salah satu firman-Nya.

Dengan landasan keimanan yang kuat, seseorang akan selalu berbaik sangka kepada Allah dan memandang segala kondisi dalam hidupnya sebagai sesuatu yang positif. Allah pun akan selalu bersama hamba-hamba-Nya yang berbaik sangka kepada-Nya.

* Ruang Inspirasi, Kamis, 23 Desember 2021.