Islamsantun.org-Minggu ini muncul berita hangat, soal Gus Miftah yg ceramah di gereja. Akibat aksinya ini, beberapa kelompok menyebut Gus miftah sesat, bahkan ada yg mengkafirkan. Beberapa orang yang berlatar belakang NU, yang notabene seafiliasi dg Gus Miftah, juga ikut menyalahkan.

Di tengah hujan hujatan yg deras itu, ternyata justru ceramah tersebut telah menyentuh satu keluarga hingga OTW menjadi mualaf. Baca beritanya di sini: https://m.republika.co.id/berita/qslav4320/cerita-gus-miftah-soal-mualaf-as-tertarik-dakwah-gereja.

Tanpa mengurangi hormat saya kepada para tokoh yg tidak setuju dengan Gus Miftah, izinkan saya untuk mengingatkan publik, terutama masyarakat Muslim Indonesa, kepada sebuah Hadis Nabi. Dalam hadis ini diceritakan Nabi masuk ke dalam gereja orang Yahudi, lalu seorang laki-laki Yahudi pun mengucapkan syahadat.

Hadis ini terdapat dalam kitab Musnad Ahmad, hadis nomor 3755

حَدَّثَنَا رَوْحٌ وَعَفَّانُ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ عَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ عَفَّانُ عَنْ أَبِيهِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ ابْتَعَثَ نَبِيَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِإِدْخَالِ رَجُلٍ إِلَى الْجَنَّةِ فَدَخَلَ الْكَنِيسَةَ فَإِذَا هُوَ بِيَهُودَ وَإِذَا يَهُودِيٌّ يَقْرَأُ عَلَيْهِمْ التَّوْرَاةَ فَلَمَّا أَتَوْا عَلَى صِفَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْسَكُوا وَفِي نَاحِيَتِهَا رَجُلٌ مَرِيضٌ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا لَكُمْ أَمْسَكْتُمْ قَالَ الْمَرِيضُ إِنَّهُمْ أَتَوْا عَلَى صِفَةِ نَبِيٍّ فَأَمْسَكُوا ثُمَّ جَاءَ الْمَرِيضُ يَحْبُو حَتَّى أَخَذَ التَّوْرَاةَ فَقَرَأَ حَتَّى أَتَى عَلَى صِفَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأُمَّتِهِ فَقَالَ هَذِهِ صِفَتُكَ وَصِفَةُ أُمَّتِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّكَ رَسُولُ اللَّهِ ثُمَّ مَاتَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَصْحَابِهِ لُوا أَخَاكُمْ

Telah menceritakan kepada kami [Rauh] dan [‘Affan] secara makna keduanya berkata; Telah menceritakan kepada kami [Hammad bin Salamah] dari dari [‘Atha` bin As Sa`ib] dari [Abu Ubaidah bin Abdullah bin Mas’ud]. ‘Affan berkata; dari [ayahnya Ibnu Mas’ud] ia berkata;

Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla mengutus NabiNya shallallahu ‘alaihi wasallam untuk memasukkan seseorang ke dalam surga.

Lalu beliau SAW. masuk ke Gereja (Sinagog) dan di dalamnya mendapati umat Yahudi dan seorang lelaki Yahudi sedang membacakan Taurat kepada mereka hingga sampai pada sifat-sifat Nabi SAW mereka tidak membacanya, namun ada seorang lelaki yang sakit di pojok Gereja, lantas Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bertanya: kenapa kalian berhenti dan tidak membacanya?
Lelaki yang sakit itu berkata: Karena mereka sampai pada sifat-sifat seorang Nabi, kemudian lelaki itu merangkak hingga dapat mengambil Taurat lalu membacanya hingga sampai pada sifat-sifat Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dan ummatnya.

Laki-laki itu berkata: ini adalah sifat-sifat engkau dan sifat ummatmu, aku bersaksi tidak ada ilah kecuali Allah dan engkau adalah Rosulullah kemudian lelaki itu meninggal, lantas Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam berkata kepada para shahabatnya: bantulah saudara kalian.

Bercermin kepada Hadis di atas, saya menempatkan diri bersama Gus Miftah. Monggo bila Anda memilih posisi yg berbeda.