Islamsantun.org. Generasi Literat bekerja sama dengan Mulia Raya Foundation, dan didukung oleh United Nation Development Program (UNDP) Indonesia membuka pendaftaran “Beasiswa Kelas Literasi Damai (KLD)”, yang diperuntukkan bagi Generasi Z di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat dan Banten.  KLD adalah program pengembangan kapasitas tentang nilai-nilai perdamaian untuk anak-anak muda sebagai modal dalam mengampanyekan nilai-nilai persaudaraan, kesetaraan, keadilan, toleransi, gotong-royong, serta persatuan di media sosial dan komunitasnya masing-masing.

Sebagai informasi, saat ini, program Kelas Literasi Damai telah berhasil meningkatkan kapasitas 300 anak muda dari berbagai provinsi: DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku. Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 300 anak muda yang telah mengikuti Kelas Literasi Damai ini berhasil membuat puluhan konten dan tulisan serta tiga program pemberdayaan masyarakat offline.

Selama empat hari, peserta akan diberikan berbagai materi yaitu, literasi agama dan budaya, literasi damai, literasi keadilan dan kesetaraan gender, literasi digital, berpikir kritis, serta team building & gerakan sosial. Selain itu, peserta juga dilatih membuat konten narasi damai, menulis “human interest story”, serta membuat kampanye secara langsung di masyarakat. Setelah mengikuti empat hari kelas online, peserta akan melakukan kampanye di media sosial masing-masing dan secara langsung di masyarakat. Menariknya, tulisan mereka akan diterbitkan menjadi buku.  Melalui kegiatan ini, kami berharap makin banyak anak-anak muda yang aktif mengampanyekan nilai-nilai perdamaian di media sosial dan di lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini terbuka bagi seluruh anak muda yang berdomisili di wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat dan Banten. Kami percaya anak muda adalah agen perubahan yang dapat membuat Indonesia menjadi negara yang lebih damai dan beradab. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 31 Januari 2022. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di media sosial @generasiliterat dan @muslimahreformisfoundation. Bagi yang mau bertanya lebih lanjut tentang program KLD, silakan hubungi nomor ini: +6289531960246 (Ikbal). Link registrasi bisa dilihat di link berikut: https://bit.ly/KLDedisi4

Kelas Literasi Damai wilayah Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat dan Banten juga didukung oleh banyak pihak seperti Islam Santun, Feministic.id, Kohati Fasei UIN Sultan Malik, Imala Cabang Serang, LPM Rhetro, YIPC Jogja, Mekake Yogyakarta, Komunitas Kutub, Yayasan Harapan Fian, Peacegen Bandung, YIPC Jabar, TBM Rumah Asa, Duta Damai Yogyakarta, CRCS, Generasi Muda Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa (53 Paguyuban Penghayat), Jaringan Kerja antar Umat Beragama, Sekolah Damai Indonesia, Taruna Budidaya, dan Duta Damai Banten.