IAIN Surakarta kembali mendapatkan nilai gemilang. Di akhir Desember tiga program studi (Prodi) yang melakukan pengajuan akreditasi BAN-PT berhasil menaklukkan standar-standar dari BAN-PT hingga akhirnya muncul Nilai Akreditasi A untuk Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Prodi Akutansi Syariah (AKS), dan B untuk Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI).

Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd, sangat mensyukuri dan berterimakasih atas raihan ini. Ia juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim penyusun borang akreditasi prodi yang telah berjuang keras hingga membuahkan hasil yang manis. Hasil ini juga sangat bermanfaat untuk pijakan dalam menunjang alih status menjadi UIN Raden Mas Said.

“Ini persembahan IAIN Surakarta untuk bangsa. Semoga keluarga besar IAIN Surakarta terus berdedikasi, terhindar dari Covid-19, diberkahi, dan terus berkarya,” ucap Rektor IAIN Surakarta.

Beberapa civitas lainnya juga sangat senang atas ketercapaiannya IAIN Surakarta selama ini. Berkat tangan-tangan dingin dan sinergitasnya semua pihak, IAIN Surakarta dapat menyongsong cakrawala dan memberikan manfaat pada negeri dan bangsa, utamanya pada mahasiswa dan pihak-pihak terkait.

“Dengan keluarnya nilai A dan B untuk masing-masing prodi tersebut sungguh menjadi berkah di tahun ini untuk civitas akademika dan IAIN Surakarta”, tegas Dr. Imam Makruf, M.Pd.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Surakarta tersebut juga mengatakan bahwa prodi-prodi yang telah melakukan reakreditasi atau yang baru saja mengajukan akreditasi telah terbukti meningkatkan kualitas mutunya. “Raihan nilai Akreditasi A dan B di akhir tahun ini adalah kualitas dan mutu yang terukur. Hal ini juga menjadi modal yang sangat berarti untuk persiapan akreditasi internasional yang insyaAllah akan dilaksanakan tahun depan” tambahnya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. R. Lukman Fauroni, M.Ag menambahkan bahwa capaian hasil akreditasi terbaik dapat dicapai dengan kolaborasi semua unsur pimpinan dan bukti terjadinya perbaikan yang berkelanjutan dalam penjaminan mutu di Kampus IAIN Surakarta ini.