Islamsantun.org-, Pusat PengkajianĀ  Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) bekerjasama dengan Fakultas Adab dab Bahasa IAIN Surakarta mengadakan diskusi buku dengan tajuk Returneees Indonesia: Membongkar Janji Manis ISIS. Acara ini juga didukung oleh DEMA Fakultas Adab dan Bahasa IAIN Surakarta.

Diskusi buku ini dilaksanakan pada hari Rabu, 07 April 2021 jam 08.30-11.00 berlokasi di aula Fakultas Adab Lt.4 dengan mengundang lansung penulis buku, Dr. Didik Novi Rahmanto, Pengajar Kajian Terorisme Sekolah Kajian Strategic Global Universitas Indonesia dan Satgas Counter Foreign Terorist Fighter (FTF) Densus 88 yang memiliki pengalaman secara langsung dalam penanganan dan penanggulangan terorisme.

PPM-PIN juga mengundang Guru Besar IAIN Surakarta, Prof. Toto Suharto, yang juga banyak melakukan penelitian tentang radikalisme terutama dalam dunia pendidikan. Prof. Toto akan memberikan apresiasi berupa perspektif dan masukan terhadap kajian yang dilakukan oleh penulis buku.

Abd. Halim selaku direktur PPM-PIN menyampaikan bahwa acara ini digelar dalam rangka menguatkan moderasi beragama di ranah kampus dan membentengi masyarakat kampus dari paham-paham ekstrem dan intoleran. Ini menjadi agenda penting, lanjut Halim, mengingat bahwa mahasiswa kampus menjadi salah satu sasaran recruitment dari kelompok-kelompok radikal-ekstrem.

Dalam kesempatan lain, M. Zainal Anwar, salah satu tim peneliti PPM-PIN menyatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu wujud implementasi visi-misi PPM-PIN yang turut serta dalam promosi perdamaian dan counter narasi ektremisme baik secara online maupun offline di kalangan pemuda-pemudi kampus.

Acara ini dilakukan secara offline dengan peserta terbatas serta mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker. Peserta yang terdaftar dan hadir saat acara akan mendapatkan hadiah buku gratis dari penulis buku (AW).