Selain mendaras Al-Qur’an, saya biasa membaca karya sendiri untuk menasehati diri sendiri. Saya tidak ingin terlihat begitu mudah menasehati orang lain, tetapi sulit menasehati diri sendiri.. Saya ingin apa yang saya tulis menjadi pemacu dan pemicu agar diri ini menjadi lebih baik dari waktu ke waktu…

Tak ada pretensi sedikit pun dalam diri ini untuk menggurui orang lain. Karena saya yakin, di luar sana banyak orang yang jauh lebih layak untuk menjadi guru saya. Apa yang saya tulis, hampir semuanya bermula dari kegelisahan diri atas pelbagai persoalan hidup yang tengah saya alami dan rasakan. Tidak jarang juga bermula dari curhat orang-orang yang dekat dengan saya atas masalah yang tengah mendera mereka.

Nah, di saat sendiri saya biasa melakukan perbincangan dengan diri sendiri (self talk). Dari hasil perbincangan itulah biasanya muncul ide untuk menulis, yang tidak jarang kemudian menjadi sebuah karya berupa buku yang diterbitkan.

Singkatnya, apa yang saya tulis adalah usaha untuk menasehati diri sendiri. Ketika kemudian terbit menjadi sebuah karya (buku), saya berharap, selain untuk menasehati diri sendiri, syukur jika dapat menghadirkan manfaat untuk orang lain.

* Ruang Inspirasi, Senin, 28 Juni 2021.