Karena hidup ini singkat.. itulah alasanku untuk terus ‘berkeringat’ melahirkan karya demi karya yang mudah-mudahan bermanfaat untuk umat.

Karena hidup ini tak lama.. itulah dalihku untuk tak jemu berbagi ilmu dengan menulis buku, yang mudah-mudahan mampu meninggikan derajatku di hadapan Sang Maha Berilmu, saat kelak diperkenakan bertemu.

Karena hidup ini sebentar.. itulah pembelaanku untuk terus belajar dan mengajar.. Semoga kelak ketika berjumpa dengan-Nya di mahsyar, mataku berbinar karena karya-karyaku mampu membuat banyak orang sadar, sehingga menempuh jalan hidup yang benar..

Ya Rabb.. tuntunlah hamba-Mu yang bodoh ini untuk terus belajar dengan benar di jalan yang benar bersama orang-orang benar..

Ya Rabb.. bimbinglah hamba-Mu yang penuh dosa dan khilaf ini untuk terus memperbaiki diri, selalu berada di jalan yang Kau ridai bersama orang-orang yang Kau cintai..

Ya Rabb.. semoga hidupku yang singkat ini, mampu menebar banyak manfaat untuk umat…

Ya Rabb.. setetes ilmu yang Kau berikan kepadaku dari lautan ilmu-Mu yang tak bertepi, semoga tidak membuatku tinggi hati, berbangga diri, apalagi mengaku paling baik dan benar sendiri…

Ya Rabb.. bimbinglah hamba-Mu ini untuk tetap rendah hati, tak mabuk sanjung-puji, tak gentar dengan caci maki.. Karena hanya rida-Mu yang ingin kudapati… Karena hanya cinta-Mu yang ingin kupatri di hati…

Amiiin… Ya Rabbal ‘Alamiin…

* Ruang Inspirasi, Selasa, 29 Juni 2021.