www.islamsantun.org adalah situs resmi yang dibuat oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPPN) IAIN Surakarta. Pembuatan website ini adalah tindak lanjut dari kampanye Literasi Islam Santun dan Toleran (LISAN) yang digaungkan PKPPN IAIN Surakarta sejak 2018.

Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi, penggunaan media online serta pemanfaatan media sosial membuat ruang dunia media online dan media sosial sangat riuh dengan berbagai informasi dan pengetahuan dari berbagai kalangan. Tidak heran jika media online dan media sosial menjadi sumber pengetahuan yang penting bagi sebagian masyarakat.

Karena menjadi sumber pengetahuan tersebut, maka banyak sekali pihak yang membuat web dengan beragam isi baik yang memberi nilai positif bagi masyarakat, tapi tak jarang pula yang justru menjadikan masyarakat mempraktikkan nilai-nilai agama secara rigid dan eksklusif bahkan mendorong gaya hidup beragama yang cenderung intoleran dan tidak santun.

Dalam konteks itulah, web islamsantun.org ingin menjadi rujukan bagi pengetahuan Islam yang menonjolkan nilai-nilai moderat dan santun dalam beragama. Dalam KBBI, santun adalah halus dan baik (budi bahasanya, tingkah lakunya); sabar dan tenang; sopan. Bagi kami, islamsantun.org adalah ruang yang tepat untuk menyebarluaskan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamien.

________________________________________
Pemimpin Redaksi:
Abdul Halim

Tim Editor:

Ketua:
M. Endy Saputro

Anggota :
M. Zainal Anwar, Nur Kafid, Khasan Ubaidillah, Hamdan Maghribi, Aly Mashar, Abraham Zakky Zulhazmi

Tim IT dan Media

Ketua :
Khairul Imam

Anggota :
Abdullah Hadziq

Tim Kerjasama:

Ketua :
Nur Rohman

Anggota:
Arina Rohmatika

Webmaster:
M. Ikhsan

________________________________________
ALAMAT KANTOR:
Kampus IAIN Surakarta Gedung Lab Lantai 1
Jalan Pandawa, Desa Pucangan – Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah